4 Pantai Di Pacitan Yang Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun


0

4 Pantai Di Pacitan Yang Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun – Liburan hari Natal dan tahun baru semakin dekat. Periode liburan yang juga disebut sebagai libur akhir tahun tersebut hampir selalu dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Sudahkah anda merencanakan tujuan saat libur akhir tahun besok?

Jika masih bingung mau kemana, maka Pacitan bisa menjadi alternatif tujuan untuk mengisi libur akhir tahun. Pacitan punya panorama pantai-pantai yang tak kalah cantik dengan pantai di Bali.

Berikut ini empat pantai di kota berjuluk Kota 1001 Gua yang bisa anda pilih.

1. Pantai Banyu Tibo

Keindahan pantai di Pacitan dimulai dari sebelah baratnya, yakni Pantai Banyu Tibo. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini merupakan salah satu pantai paling barat Pacitan.

Pantai ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Keunikan itu tersurat dari nama “Pantai Banyu Tibo” yang berarti “Pantai Air Terjun”. Sesuai namanya, terdapat air terjun yang mengalir tepat di pantai pasir putihnya.

Baca juga: Kota di Eropa Dengan Pantai Yang Mendebarkan

Pengunjung bisa turun ke bawah dan merasakan kesegaran air terjun sambil berpijak di atas pasir yang lembut. Di sana, wisatawan juga bisa membersihkan diri setelah bermain air laut.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo pun sudah cukup lengkap. Di sana ada toilet, kamar mandi, hingga warung makan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk masuk ke Pantai Banyu Tibo.

2. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan juga berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Banyu Tibo.

Sebelum sampai bibir pantai, pengunjung akan disuguhkan oleh keindahan panorama pantai dari ketinggian berupa hamparan pasir putih yang memanjang.

Suasana pantai di tengah hamparan pasir putih Pantai Buyutan seolah membuat tak ingin pulang. Begitu sampai di bibir pantai, air laut serasa memanggil.

Ketika berjalan menyusuri pantai ini, pandangan mata tidak lepas dari gugusan batu karang yang turut menghias panorama. Di sana ada, salah satu batu karang itu berbentuk unik seperti mahkota.

Baca juga: Makanan Asli Boyolali

Masyarakat setempat menamainya “Watu Narada” atau “Batu Narada” karena menyerupai mahkota Dewa Narada, salah satu tokoh dalam pewayangan Jawa.

Luasnya hamparan pasir putih Pantai Buyutan juga membuatnya cocok digunakan sebagai tempat berkemah.

Fasilitas penunjang wisata di pantai ini juga cuku lengkap, mulai dari warung makan, toilet, hingga kamar mandi.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Buyutan, maka anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

3. Pantai Klayar

Selanjutnya ada Pantai Klayar yang kini menjadi objek wisara andalan Pacitan. Pantai ini berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Hamparan garis pantai berpasir putih berpadu dengan empasan ombak Samudera Hindia tampak begitu eksotis di Pantai Klayar ini.

Satu hal yang spesial di pantai ini adalah tempat batu karang yang berbentuk seperti Sphinx di Mesir. Beberapa orang menyebut batu karang itu mirip kapal selam.

Pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Klayar dari bukit di sebelah timurnya. Dari sini, terdapat satu pemandangan unik, yakni seruling samudera.

Baca juga: Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat Yang Lagi Hits

Seruling samudera adalah pancuran air laut alami dari ombak yang masuk ke sela-sela batu karang.

Mengenai fasilitas, Pantai Klayar memang yang terlengkap. Selain terdapat warung makan, toko suvenir, toilet, dan kamar mandi. Pengunjung juga bisa menjelajahi garis pantai dengan menyewa ATV.

Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk membeli tiket masuk ke Pantai Klayar di pos retribusi.

4. Pantai Srau

Pesona keindahan pantai-pantai di Pacitan belum juga habis. Lebih ke arah timur, terdapat Pantai Srau yang terletak di Desan Candi, Kecamatan Pringkulu.

Pantai ini punya keindahan lengkungan garis pantai yang memanjang dengan pasir putihnya.

Pantai Srau memiliki tiga bagian pantai berpasir putih yang membuat pantai ini seolah selalu lengang meski didatangi oleh ratusan wisatawan.

Ketika hari libur, banyak orang yang berkemah di Pantai Srau.

Baca juga: Objek Wisata di Boyolali Yang Menyegarkan Mata

Di sini, pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang menyenangkan sembari bermain air dan pasir sampai puas. Tak hanya di bibir pantai, keindahan Pantai Srau juga bisa dilihat dari ketinggian bukit di sekitarnya.

Jika lapar, pengunjung bisa bersantap di warung sekitar pantai yang menjual berbagai makanan dan minuman seperti es kelapa muda. Fasilitas lain seperti toilet dan kamar mandi juga tersedia di sini.

Harga tiket masuk Pantai Srau cukup terjangkau. Hanya dengan Rp 10.000 pengunjung sudah bisa menjelajah luasnya tiga bagian Pantai Srau.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
loginjw

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format