5 Camilan Renyah Khas Bekasi, Cocok Buat Oleh-Oleh


0

5 Camilan Renyah Khas Bekasi, Cocok Buat Oleh-Oleh – Siapa bilang Bekasi tidak memiliki kudapan khas yang menggungah selera? Nyatanya, kabupaten dengan julukan Kota Patriot itu juga punya beberapa camilan khas bercitarasa renyah yang cocok disantap saat minum teh di teras rumah.

Atau sebagai suguhan rumahan ketika tamu datang. Berikut ini KalengDrum menghimpun lima camilan enak dan renyah yang bisa kamu temui di Bekasi. Dapat dibawa pulang sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk di berikan kepada saudara atau keluarga kamu saat main ke Bekasi.

1. Kue Biji Ketapang

Kue biji ketapang merupakan kudapan legendaris khas Betawi-Bekasi. Biasanya, camilan ini dijual oleh pedagang pada saat momentum lebaran Idulfitri atau ketika perayaan acara menyambut hari besar Betawi. Namun, beberapa tempat produksi biji ketapang tetap menjualnya saat hari biasa.

Kue biki ketapang terbuat dari teluar ayam, gula, vanili, tepung, margarin, parutan kelapa, dan minyak goreng. Rasanya renyah dan gurih, bisa bertahan sampai dengan tiga bulan. Ketika berkumpul bersama teman dan keluarga, jangan lupa sediakan camilan ini sebagai makanan pembuka.

2. Kue Akar

Kudapan satu ini juga kerap ditemui saat momentum Hari Raya Idulfitri. Tapi belakangan, kue berbahan dasar kelapa ini agak sulit dijumpai. Selain harus dibuat secara khusus, tempat olah pabrikan juga sukar untuk memproduksi.

Baca juga: 5 Kuliner Wajin Coba Saat Wisata Ke Hanoi, Vietnam

Namun, beberapa tempat yang menjual oleh-oleh di Bekasi masih menjual kudapan bercita rasa renyah ini. Karena itu, selain menyantapnya, jangan lupa juga untuk melestarikan Kue Akar ini, ya. Berikan ke anak-anak supaya mengerti.

3. Kue Sagon

Kue berbahan dasar tepung beras ini dibuat dengan cara disangrai, memanfaatkan bara api untuk menghasilkan cita rasa harum dan lezat. Memiliki bentuk bermacam-macam seperti oval, bundar, kotak, hingga bergerigi. Tergantung selera sang pembuat kue ini.

4. Kue Kembang Goyang

Nama nyentrik ‘kembang goyang’ berasala dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau ‘kembang’. Proses pembuatannya digoyang-goyang sampai adonannya terlepas dari cetakan yang bermotif bunga, begitulah asal-usul ‘goyang’.

Baca juga: 6 Oleh-Oleh Khas Dari Bandung Selain Molen Pisang

Kue kembang goyang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Namun seiring perkembangan zaman, kudapan satu ini punya varian rasa berbeda seperti rasa jeruk, cokelat wijen, kajang gurih, bawang, bahkan daun jeruk. Sangat cocok jadi oleh-oleh.

5. Kue Duit

Seperti namanya, kue duit memiliki bentuk bulat layaknya yang logam. Kue duit sendiri berbahan baku adonan tepung, dibentuk, kemudian digoreng hingga mengeras. Kalau ingin lebih gurih, gorengnya sampai kering.

Rasa kue duit cukup manis sehingga sangat pas sebagai teman ketika menyeruput kopi atau minuman teh. Kue ini bisa didapatkan di toko oleh-oleh sekitaran daerah bekasi dalam bentuk kemasan atau kiloan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
loginjw

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format