Nikmatnya Seruit, Cita Rasa Asam Manis Pedas Jadi Satu


0
Nikmatnya Seruit, Cita Rasa Asam Manis Pedas Jadi Satu

Nikmatnya Seruit, Cita Rasa Asam Manis Pedas Jadi Satu – Selain wisata bahari dan penangkaran gajah. Provinsi Lampung juga memiliki potensi wisata kuliner yang siap memanjakan lidah kita. Salah satu kuliner yang menjadi favorit orang banyak, yaitu Seruit.

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang terdiri dari makanan ikan yang digoreng atau dibakar, lalu dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, atau mangga.

Beberapa jenis ikan yang disajikan dengan sambal ini adalah ikan tongkol, ikan layis, ikan belida ataupun baung lalu. Sebagai pelengkap sajian, ada juga lalapan.

Baca juga: Ayam Cincane, Kuliner Andalan Samarinda

Meskipun ada beberapa tahapan, tapi cara membuat Seruit cukup mudah. Ikan yang akan dinikmati dipersiapkan dulu. Sebelum di bakar atau digoreng, kan diberi bumbu seperti bawang putih, garam, kunyit dan jahe yang telah dihaluskan.

Kemudian ikan pun dibakar atau digoreng selama kurang lebih 10 menit. Setelah matang, ikan dilumuri lagi degan kecap manis dan campuran bumbu tambahan dari bawang putih, garam, dan ketumbar.

Ikan yang sudah matang akan diberi sambal terasi campuran tempoyak. Untuk melengkapi sajian ini, tak ketinggalan untuk menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi terong, jengkol, atau daun jambu monyet. Biasanya dimakan bersama nasi.

Keistimewaan dari Seruit ada pada sambal terasi dan tempoyaknya. Tempoyak sendiri merupakan durian yang sudah difermentasi. Sambal terasi dan tempoyak yang dicampur akan menghasilkan rasa pedas, asam, dan sedikit manis karena diberi sedikit gula. Semua cita rasa kumpul jadi satu.

Baca juga: Penggermar Kuliner Nusantara Bisa Berbuka Puasa Di Hotel Ini

Aroma ikan yang berpadu dengan pedasnya sambal yang sedikit asam siap untuk disantap. Nama Seruit berasal dari kata ‘Nyeruit’, yang artinya dilakukan bersama-sama. Hal ini menggambarkan masyarakat Lampung yang memiliki nilai kebersamaan tinggi.

Seperti masyarakat daerah lainnya di Indonesia, masyarakat Lampung adalah masyarakat yang gemar berkumpul dan bersilaturahmi, baik keluarga maupun antar tentangga. Secara kultural, Lamping memiliki dua masyarakat  adat, yakni Lampung Sai Batin dan Lampung Pepaduan.

Keduanya sama-sama memiliki kebiasaan berkumpul. Nah, saat berkumpul diperlukan makanan yang bisa dinikmati bersama-sama. Pada waktu berkumpul inilah, biasanya Seruit disajikan. Bagi masyarakat Lampung Pepaduan, Seruit adalah makanan pokok yang harus selalu ada.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
loginjw

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format