Pasca Gempa, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Telah Dibuka Kembali


0
Pasca Gempa Jalur Pendakian Gunung Rinjani Telah Dibuka Kembali

Pasca Gempa Jalur Pendakian Gunung Rinjani Telah Dibuka KembaliJalur pendakian Gunung Rinjani dibuka terbatas dari Lombok Tengah. Ini adalah pembukaan perdana setelah Lombok diguncang gempa.

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mempertimbangkan untuk membuka jalur pendakian. Jalur pendakian yang dibuka Gunung Rinjani via Aik Berikm, Kabupaten Lombok Tengan, Nusa Tenggar Barat. Hal tersebut dilakukan karean kerusakan akibat gempa di kawasan tersebut tidak terlalu parah.

Kemungkinan pertengahan November mulai dibukan secara terbatas, tidak sampai ke Danau Segara Anak. Tapi kami survei lagi dan nanti hasilnya akan diumumkan,” kata Kepala BTNGR Sudiyono usai memimpin rapat koordinasi membahas kondisi jalur pendakian Gunung Rinjani di Mataram.

Jalur pendakian Aik Berik sendiri merupakan salah satu dari empat jalur pendakian resmi Rinjani yang selama ini dilewati. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara melewati  jalur ini untuk menuju Danau Segara Anak dan Puncak Rinjani.

Pasca Gempa Jalur Pendakian Gunung Rinjani Telah Dibuka Kembali

Sementara itu, tiga jalur pendakian lain yang belum boleh dibuka untuk aktivitas pendakian adalah jalur Timbanuh, Sembalun di Lombok dan Senaru di Lombok Utara.

Pasca Gempa Jalur Pendakian Gunung Rinjani Telah Dibuka Kembali

Menurut Sudiyono, tiga jalur tersebut rusak berat akibat rentetan gempa berkekuatan 7 Magnitudo yang mengguncang Lombok pada bulan Juli hingga Agustus 2018 lalu. Sehingga membahayakan keselamatan pendaki yang akan melakukan pendakian.

Baca Juga : Surga Tersembunyi di Banyuwangi Selain Ijen dan Baluran

Jalur pendakian Gunung Rinjani via Aik Berik punya banyak kelebihan
Sudiyono mengungkapkan ada banyak kelebihan yang dimiliki jalur Aik Berik ini. Salah satunya adalah vegetasi yang masih lebat sehingga memungkinkan pendaki untuk berjumpa dengan satwa liar.

Para pendaki juga akan disambut dengan beberapa air terjun di sekitar jalur pendakian. Misalnya air terjun diatawa awan yang masih asri.

Jadi kami juga akan kombinasikan wisata pendakian dengan wisata air terjun yang ada diluar kawasan jalur pendakian, seperti air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu” ungkapnya.

Pasca Gempa Jalur Pendakian Gunung Rinjani Telah Dibuka Kembali

Sudiyono menambahkan, kini pihaknya sedang membutuhkan bantuan dan dukungan perbaikan sarana dan prasaran pendakian agar bisa dibuka pada November-Desember mendatang. Seperti fasilitas MCK, pos peristirahatan, tempat kemah, rambu-rambu pendaki dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Cerita Mitos Alas Lali Jiwo Gunung Arjuno Jawa Timur

Kami berharap dukungan dari Dinas Pariwisata, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan para pecinta alam untuk membantu perbaikan fasilitas mulai pintu masuk hingga pos terakhir pendakian yang rdirekomendasikan,” tutupnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
loginac

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format