Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo Di Wonogiri


0
Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo Di Wonogiri

Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo Di Wonogiri – Kabupaten Wonogiri memang menyimpan banyak obyek wisata yang cocok dikunjungi untuk mengisi liburan. Tak hanya indah, banyak obyek wisata di Wonogiri juga unik.

Telaga Claket menjadi salah satu obyek wisata di Wonogiri yang mempunyai keunikan tersendiri. Berada di kaki Bukit Widodaren, sekilas telaga ini mirip dengan Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru.

Khusus di Bulan Ramadhan, Telaga Claket juga merupakan tempat yang pas untuk ngabuburit menunggu watku berbuka. Menikmati suasana alam yang tak lagi panas membuat waktu buka puasa terasa tak lama lagi.

Telaga Claket tidak jauh dari Kota Wonogiri, yakni di Desa Sedangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Waktu tempuh dari Kota Wonogiri hanyalah sekitar setengah jam saja dengan jarak tempuh kurang-lebih 10 kilometer.

Baca juga: Menantang Nyali, Ini 3 “Water Sports” Wajin Coba Di Tanjung Benoa Bali

Kini guna semakin memoerindah Telaga Claket, pengelola telah menanam bunga yang berwarna-warni. Tempat ditanamnya bunga ini ada di sisi timur telaga, tempat pengunjung menikmati pemandangan ke arah barat.

Menurut pengamatan JelajahPagi di Telaga Claket, Jumat (26/04/2019), ada dua jenis bunga yang semakin membuat obyek wisata ini semakin berwarna. Dua jenis bunga itu adalah celosia dan bunga matahari.

Bunga-bunga itu ditanam di kanan dan kiri jalan yang juga telah dibangun pengelola Telaga Claket. Pengunjung bisa berfoto di tengah jalan dengan bunga penuh warna di kanan dan kirinya.

Selain itu, beberapa spot foto juga telah disediakan seperti dek yang dihias dengan ornamen menarik berlatar belakang telaga dan Bukit Widodaren. Tak hanya spot foto, ada pula beberapa gazebo untuk beristirahat dan menikmati pemandangan dan suasana.

Baca juga: Cantiknya Pesona Pantai Doreng Di Sikka Flores Yang Masih Perawan

Warna-warni bunga juga berlanjut sampai sisi selatan telaga. Namun keberadaannya adalah untuk cadangan ketika bunga di sisi timur telaga sudah layu atau kering. Meski demikian, keberadaannya tetap menjadi obyek atau latar belakang foto yang menarik.

Saat kondisi permukaan Telaga Claket tenang, airnya mampu memantulkan warna-warni bunga sehingga tampak memesona. Refleksi bunga di sisi selatan tampak memanjang dan berpadu dengan bayangan pohon serta bukit di sekitarnya.

Warna-warni bunga memang hanya ditambahkan di sisi timur dan selatan. Hal itu ditujukan untuk tetap menjaga predikat Telaga Claket sebagai miniatur Ranu Kumbolo di Wonogiri.

Pengunjung masih bisa berfoto dengan latar belakang Telaga Claket yang alami dnegan mengarahkan lensa kamera ke arah barat. Nantinya latar belakang foto hanyalah telaga dan Bukit Widodaren.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
loginjw

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format